24 Mar 2011

Enam Tokoh Penting di Lingkaran Dalam Qadhafi

ImagePasukan Koalisi yang dipimpin Amerika Serikat membobardir sistem pertahanan militer dan kediaman pemimpin Libya sejak Minggu, 20 Maret lalu. Namun penguasa Libya, Kolonel Muammar Qadhafi bergeming. Dia bersumpah tidak akan menyerah dengan pasukan sekutu Amerika Serikat. Dia juga berkeras menolak turun dari jabatannya.


Selama 41 tahun berkuasa, Qadhafi dikelilingi oleh anak dan orang kepercayaannya. Mereka yang berada di lingkaran dalam inilah yang menjadi penasihat Qadhafi. Berikut enam tokoh yang berada di ring-1 Qadhafi.


1. Saif al-Islam Qadhafi
Lahir pada 1972, dia adalah anak Qadhafi yang dikenal modern. Saif al-Islam seorang insinyur, tapi dia menyelesaikan program doktor di London School of Economics. Tesisnya, peranan masyarakat sipil dalam proses demokratisasi.


2. Saadi Qadhafi
Lahir pada 1973, dia memiliki wajah yang mirip Saif al-Islam. Sebelumnya dia adalah pemain bola profesional di Malta dan Italia. Belakangan dia menjadi kepala tentara khusus Libya dan berperan banyak dalam hal represif.


3. Mutassim Qadhafi
Mutassim adalah anak ke-4 Qadhafi, dia lahir pada 1977. Dia disebut-sebut orang yang paling berkuasa saat ini. Bekas tentara dan sekarang menjabat sebagai penasihat keamanan ayahnya.


4. Khamis Qadhafi
Dia putra bungsu Qadhafi. Umurnya misterius. Beberapa media menyebut dia berusia 32 tahun. Dia mendapat pelatihan militer di Rusia. Dia sangat dipercaya oleh Qadhafi sehingga ditempatkan sebagai komandan pasukan elit. Dalam pemberitaan terakhir dia disebut-sebut tewas akibat serangan pasukan Amerika dan sekutunya.


5. Moussa Kusa
Pria 62 tahun ini adalah penasihat kunci dalam hal hubungan luar negeri. Bekas Duta Besar Libya untuk London dan kepala intelijen luar negeri. Dia sekarang menjabat menteri luar negeri.


6. Abdullah al-Sanussi
Dia kepala keamanan internal Qadhafi. Pria 61 tahun ini juga dikenal sangat dekat Qadhafi, dia adalah adik ipar Qadhafi. Namun keberadaannya saat ini tidak diketahui, ada rumor dia ditembak.(tempo)

Artikel Terkait

- Reviewer: Asih - ItemReviewed: Enam Tokoh Penting di Lingkaran Dalam Qadhafi Deskripsi: Pasukan Koalisi yang dipimpin Amerika Serikat membobardir sistem pertahanan militer dan kediaman pemimpin Libya sejak Minggu, 20 Maret lalu.... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►