1 Jun 2010

Warga Paris Gelar Unjuk Rasa Kutuk Israel

Paris, Prancis - Sekitar 1.200 orang demonstrasi di Paris, Senin, untuk memprotes serangan Israel atas konvoi kapal bantuan menuju Gaza. Para demonstran juga mengemukakan akan menggelar aksi serupa pada akhir pekan ini.


AFP melaporkan, demonstran berkumpul di dekat kedutaan besar Israel dengan melambaikan bendera Palestina dan meneriakkan slogan seperti "Palestina akan bertahan, Palestina akan menaklukkan", sementara beberapa pengunjuk rasa menyuarakan dukungan pada gerakan Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza.


Perkelahian meletus ketika demonstran tandingan yang melambaikan bendera Israel mendekat, yang mendorong polisi untuk menembakkan gas air mata, tapi ketenangan segera dipulihkan.


Sekitar 100 pemrotes melempar batu ke para pejabat polisi dan berusaha untuk mematahkan barikade polisi yang mengelilingi kedubes Israel.


Demonstran membengkak menjadi sekitar 1.200 orang, menurut polisi, setelah dimulainya demonstrasi Senin menjelang malam dekat kedutaan itu tak jauh dari Champs Elysees di Paris tengah.


Protes itu diorganisir oleh perhimpunan aktivis pro-Palestina dan diikuti oleh berbagai organisasi politik sayap kiri. Beberapa kelompok menyerukan demonstrasi harian pekan ini ditambah demonstrasi lainnya yang lebih besar pada Sabtu yang akan datang.


Salah satu kelompok yang mengorganisir demonstrasi di Paris, CAPJPO, mengatakan serangan itu sebagai "tindakan kejam".


Demonstrasi lainnya berlangsung di tempat lainnya di Prancis, termasuk sekitar 1.300 demonstran yang berkumpul di Lille di utara dan unjuk rasa yang sama di Strassbourg di timur.(antara)

Artikel Terkait

- Reviewer: Asih - ItemReviewed: Warga Paris Gelar Unjuk Rasa Kutuk Israel Deskripsi: Paris, Prancis - Sekitar 1.200 orang demonstrasi di Paris, Senin, untuk memprotes serangan Israel atas konvoi kapal bantuan menuju Gaza. Pa... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►