13 Feb 2014

Status Gunung Kelud Awas, Warga Diungsikan

Image-438Status Gunung Kelud Awas, Warga Diungsikan. Tingginya aktivitas kegempaan, membuat status Gunung Kelud di Jawa Timur, ditingkatkan dari Siaga (level III) menjadi Awas atau Level IV.

"Status Awas sejak Pukul 21.15 Wib. Kami rekomendasikan warga mengungsi, radius aman 10 Kilometer dari kawah harus kosong," jelas Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung, Gede Swastika, kepada detikcom, Kamis (13/2/2014).

Sebelumnya, gunung api yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang ini mengalami gempa tremor yang terus menerus selama 6 jam.

Sempat terjadi ketegangan di Desa Sugihwaras yang lokasinya 10 Kilometer dari kawah. Kepala Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kediri, Sukemi menemui warga dan para kepala dusun serta RT.

"Ketua RT dan Kasun segera mengumpulkan warga untuk kordinasi, mengungsikan warganya ke tempat-tempat yang telah ditentukan," kata Sukemi di Gerbang Lokasi Wisata Kelud.

Sayangnya Sukemi yang tergesa-gesa tidak menjelaskan alasan pengungsian warga tersebut. Namun, perintah itu diberikan kepada warga setelah dirinya dari Pos Pantau Kelud.

Gunung Kelud pada pukul 12.00-18.00 telah terjadi 190 gempa vulkanik dalam, 442 gempa vulkanik dangkal, Low Frekuensi 26 dan suhu kawah 57,3 Celsius.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Status Gunung Kelud Awas, Warga Diungsikan Deskripsi: Status Gunung Kelud Awas, Warga Diungsikan. Tingginya aktivitas kegempaan, membuat status Gunung Kelud di Jawa Timur, ditingkatkan dari Sia... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►