22 Mar 2014

Korea Utara Kembali Luncurkan Puluhan Rudal

Image-719Korea Utara Kembali Luncurkan Puluhan Rudal. Korea Utara kembali melakukan uji coba rudal jarak pendek. Parahnya, sebanyak 30 rudal diluncurkan hanya dalam waktu 2 jam pada Sabtu ini.

"Korea Utara menembakkan 30 rudal jarak pendek antara pukul 04.00 hingga pukul 06.10 waktu setempat, pagi ini dari pantai timur ke Laut Jepang," ujar juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, seperti dilansir AFP, Sabtu (22/3/2014).

"Rudal-rudal tersebut diperkirakan meluncur sejauh 60 kilometer," imbuhnya.

Pengamat menyebutkan bahwa Korut meluncurkan 25 rudal dari lokasi yang sama pada Minggu (16/3), yakni dekat pelabuhan Wonsan. Menurut pengamat ini, rudal yang diluncurkan Korut tersebut merupakan rudal jarak pendek Frog dari zaman Soviet, atau tahun 1960-an lalu.

"Ini merupakan ekspresi kemarahan pada latihan militer gabungan," sebut Profesor Yang Moo-Jin dari University of North Korean Studies.

Aksi Korut ini memicu reaksi keras dari negara tetangganya, Korsel dan juga Amerika Serikat. Kedua negara ini memang tengah menggelar latihan militer gabungan sejak Februari akhir hingga pertengah April nanti.

Menanggapi aksi semacam ini, Korsel dan AS meminta Korut untuk menghentikan aksi provokatif yang kiranya bisa memicu ketegangan di Semenanjung Korea. Namun, Profesor Yang memiliki analisa sendiri atas aksi Korut tersebut.

"Korut kelihatannya tengah memutuskan untuk menyingkirkan persediaan rudal lama mereka, sekitar 100 rudal Frog dengan cara meluncurkannya ke lautan untuk menunjukkan kekuatan. Ini hanya provokasi tingkat rendah," sebutnya.

"Korut tampaknya hendak meluncurkan sisa rudal Frog mereka di masa mendatang," imbuh Profesor Yang.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Korea Utara Kembali Luncurkan Puluhan Rudal Deskripsi: Korea Utara Kembali Luncurkan Puluhan Rudal . Korea Utara kembali melakukan uji coba rudal jarak pendek. Parahnya, sebanyak 30 rudal diluncu... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►