10 Apr 2013

Peta Kekuatan Militer Korea Utara Terus Meningkat

Image-391Peta Kekuatan Militer Korea Utara Terus Meningkat - Tak ada yang mengerti mengapa tiba-tiba Korea Utara menebar ancaman bahkan berencana menyerang Amerika Serikat segala. Namun latar belakang uji coba rudal balistik ditenggarai menjadi penyebabnya. Selain itu lantaran Amerika dan Korea Selatan getol meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelidiki dan melihat dari dekat kekuatan rudal itu.

Korea Utara jelas berang. Apalagi ketambahan Korea Selatan mengadakan latihan perang besar-besaran dengan Amerika. Ini membuat mereka seolah menjadi tertuduh hingga masyarakat memberi sanksi internasional hanya karena uji coba rudal yang terbuka dan tidak ditutupi, ujarnya.

Mereka geram dengan tetangganya yang dinilai berlebihan menyikapi uji coba rudal itu. "Menurut kami setiap negara berhak mengembangkan program persenjataan mereka termasuk nuklir untuk senjata pemusnah massal," ujar Ibu Kota Pyongyang seperti dilansir kantor berita Reuters (29/3).

Tebaran ancaman hampir saban hari dilakukan Korea Utara dan sejak Maret tensi kedua negara mulai tinggi. Bukan hanya Korea Selatan kena ejek namun juga Amerika tidak luput dari teror disebarkan Pyongyang.

Sejumlah pihak memperkirakan Korea Utara berani mengambil risiko memulai perang terbuka. Mereka tak lagi menggubris gencatan senjata pada perang 1950-1953 dilakukan kedua belah pihak. Pyongyang bilang gencatan itu sudah tidak berlaku lagi.

Kepercayaan diri Korea Utara tidak terlepas dari alutsista alias perlengkapan persenjataan militer. International Institute of Strategic Studies yang berbasis di Ibu Kota London, Inggris, pada 2011 melaporkan gambaran peta kekuatan Korea Utara.

Korea Utara pada tahun 2008 menganggarkan belanja militer sebesar USD 8.2 miliar atau 22-24 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara itu. Ini selengkapnya.

Korea Utara:

Angkatan Darat

Pasukan Aktif 1.2 juta
Cadangan/Paramiliter 5-7.7 juta
Tank 4.100
Kendaraan pengangkut 2.500
Kendaraan artileri 8.500
Roket 5.100
Mortir 7.500
Senjata Pertahanan Udara 11.000

Angkatan Laut

Kapal selam 92
Pesawat rudal 43
Kapal patroli besar 158
Torpedo 103
Kapal patroli 334
Kapal amfibi 10

Angkatan Udara

Pesawat Tempur 820
Helikopter 300
Angkatan Laut
Kapal Tempur 3
Kapal Patroli 383
Kapal Selam 70
Hovercraft 135
Kapal Pendaratan 130

Dengan alutsista itu Pyongyang yakin memenangkan pertarungan ini lantaran persenjataan mereka belum ditambah dengan dukungan China.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Peta Kekuatan Militer Korea Utara Terus Meningkat Deskripsi: Peta Kekuatan Militer Korea Utara Terus Meningkat - Tak ada yang mengerti mengapa tiba-tiba Korea Utara menebar ancaman bahkan berencana me... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►