31 Aug 2010

Iran Gelar Pameran Foto Palestina Menjelang Hari al-Quds Sedunia

ImageIran akan menggelar pameran foto Palestina inspiratif karya fotografer ternama Iran Alfred Yaghobzadeh pada peringatan Hari Quds Sedunia di Tehran.


Pemeran tersebut akan diselenggarakan oleh Museum Seni Kontemporer Palestina di Tehran berkolaborasi dengan Museum Imam Ali Saw, dan akan menampilkan 32 foto Yaghobzadeh. Pameran, yang menggambarkan penderitaan pendudukan Palestina oleh Israel itu dijadwalkan dibuka mulai 31 Agustus hingga 16 September di Tehran.


Yaghobzadeh dilahirkan di Tehran di sebuah keluarga Kristen. Ia terkenal untuk fotografi perang dan khususnya liputan perang yang dipaksakan oleh Irak terhadap Iran (1980-1988).


Foto perang di Kuba, Uzbekistan, Afghanistan, Somalia, Palestina, Lebanon serta banyak negara yang dilanda perang lainnya membuat Yaghobzadeh termasuk fotografer perang terkemuka dunia. Fotografer pemenang penghargaan internasional ini juga telah menerbitkan tiga buku foto yaitu Perang Iran-Irak, Wajah-Wajah Perang dan Janji Perdamaian.


Pada bulan Agustus 1979, pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Khomeini mengumumkan Jumat terakhir di bulan suci Ramadhan sebagai Hari Quds Sedunia. Pada hari itu, seluruh umat Islam di dunia harus meneriakkan slogan anti Israel dan menunjukkan solidaritas mereka terhadap bangsa Palestina. Setiap tahun, peringatan Hari al-Quds Sedunia digelar semakin gempita di seluruh penjuru dunia. Hari al-Quds Sedunia kini bukan hanya digelar di negara-negara Islam saja melainkan di berbagai negara non-Muslim seperti Venezuela, Perancis, Brazil, Afrika Selatan, Jerman, dan lain-lain. (Irib.ir)

Artikel Terkait

- Reviewer: Asih - ItemReviewed: Iran Gelar Pameran Foto Palestina Menjelang Hari al-Quds Sedunia Deskripsi: Iran akan menggelar pameran foto Palestina inspiratif karya fotografer ternama Iran Alfred Yaghobzadeh pada peringatan Hari Quds Sedunia di ... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►