5 May 2014

Sikap AS Dan Eropa Mulai Bikin Emosi Rusia

Image-878Sikap AS Dan Eropa Mulai Bikin Emosi Rusia. Rusia yang didesak para aktivis pro-Rusia di Ukraina timur untuk mengerahkan pasukan setelah militer Ukraina bertindak keras, menyampaikan keprihatinannya. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan situasi Ukraina terus memburuk.
Dia menyalahkan Amerika Serikat dan Eropa yang menyudutkan Rusia dan tidak bertindak untuk mencegah Ukraina melakukan kekerasan terhadap rakyatnya sendiri yang berbeda pendapat di Ukraina timur.
“Kami percaya bahwa kita harus memiliki interpretasi umum dari apa yang terjadi di Ukraina, tapi sayangnya kami tidak melihat bahwa Eropa dan Amerika Serikat waras dalam menilai,” kata Peskov kepada Moscow Times, semalam (4/5/2014).
”Rusia sedang mencoba untuk mencapai hasil yang nyata seperti yang kita lihat dalam kasus pelepasan pemantau OSCE (pemantau Eropa untuk krisis Ukraina), tetapi meskipun ada upaya kami, situasi di sana yang ada hanya semakin memburuk,” ujar Peskov.
Pekan lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengirim utusannya, Vladimir Lukin, ke Kota Slavyansk untuk membantu bernegosiasi pelepasan 12 pemantau OSCE. Usaha itu berhasil dan 12 pemantau itu dibebaskan Sabtu pekan lalu.
Rusia emosi
Namun, dia kecewa dengan AS dan Eropa yang menyalahkan Rusia, dan mengabaikan usaha Kremlin untuk meredam ketegangan di Ukraina timur dan tenggara. Tragedi pembakaran gedung di Odessa yang menewaskan 42 aktivis pro-Rusia Jumat malam lalu, menurut Peskov didalangi Ukraina dan negara-negara Barat.
Sementara itu, Sergei Mironov, politisi terkemuka Rusia menyerukan agar pasukan tempur Kremlin segera menyeberang ke perbatasan Ukraina.
”Penjahat fasis harus dihancurkan di sarang mereka sendiri! Kita perlu menempatkan pasukan di sana untuk membela saudara-saudara kita dan menghentikan bandit fasis,” ujar Mironov, yang namanya masuk dalam daftar tokoh Rusia yang dikenai sanksi oleh Uni Eropa.
Pihak Ukraina sendiri menuduh balik, bahwa tragedi di Odessa tidak lepas dari peran agen khusus Rusia. Mereka justru menuntut Rusia bertanggung jawab.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Sikap AS Dan Eropa Mulai Bikin Emosi Rusia Deskripsi: Sikap AS Dan Eropa Mulai Bikin Emosi Rusia . Rusia yang didesak para aktivis pro-Rusia di Ukraina timur untuk mengerahkan pasukan setelah mi... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►