5 May 2014

Media Jerman Sebut CIA Dan FBI Dibalik Kerusuhan Ukraina

Image-877Media Jerman Sebut CIA Dan FBI Dibalik Kerusuhan Ukraina. Puluhan agen FBI dan CIA Amerika Serikat (AS) terlibat dalam upaya Pemerintah Ukraina memerangi aktivis separatis pro-Rusia di Ukraina timur dan tenggara. Aksi intelijen AS di Ukraina itu diulas surat kabar Jerman, Bild.
Mengutip pejabat keamanan Jerman, media itu mengungkap bahwa pejabat Central Intelligence Agency (CIA) dan Federal Bureau of Investigation (FBI) menasihati pemerintah sementara Kiev bagaimana caranya meredam kerusuhan di negara itu.
Puluhan intelijen AS itu juga membantu presiden interim Ukraina, Oleksandr Turchynov untuk memerangi pemberontakan separatis di Ukraina timur dan tenggara, serta membuat sebuah sistem keamanan negara dari kejahatan terorganisir.
”Analis AS juga dikabarkan telah ditugaskan dengan tugas khusus untuk melacak nasib Presiden Ukraina terguling Viktor Yanukovych,” tulis Bild kemarin (4/5/2014).
Lacak dana Yanukovych

Sementara itu, Jaksa Agung AS, Eric Holder, mengatakan bahwa negaranya bertekad untuk membantu Ukraina menemukan dana miliaran dolar yang disebut dikorupsi Yanukovych dan kroni-kroninya.
”Semua agen AS di Ukraina bekerja dari Kiev, dengan tidak satupun dari mereka berada di Ukraina timur yang dilanda kekerasan baru-baru ini,” lanjut laporan media Jerman itu.
Pihak Gedung Putih pada Senin (5/5/2014) belum merespons laporan keterlibatan FBI dan CIA di Ukraina. Namun, Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, pernah membantah peran intelijen AS di Ukraina. Kala itu, laporan serupa muncul dari pernyataan Yanukovych, bahwa pada pertengahan April 2014, direktur CIA, John Brennan melakukan perjalanan ke Kiev.
Gedung Putih mengakui hal itu, namun mengklaim itu kunjungan biasa dalam rangka lawatan ke Eropa. Kendati demikian Rusia tidak percaya dengan klaim itu. Mereka tetap curiga intelijen AS sudah bergerak di Ukraina.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Media Jerman Sebut CIA Dan FBI Dibalik Kerusuhan Ukraina Deskripsi: Media Jerman Sebut CIA Dan FBI Dibalik Kerusuhan Ukraina . Puluhan agen FBI dan CIA Amerika Serikat (AS) terlibat dalam upaya Pemerintah Ukr... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►