26 Jun 2010

Patung Josef Stalin Diusir Dari Kampung Halamannya

ImageGORI - Pihak berwenang mengeluarkan sebuah patung yang menjulang dari diktator Soviet Josef Stalin dari alun-alun kota asalnya di tengah malam pada hari Jumat, membawa pergi monumen untuk warga asli Georgia yang paling terkenal.


Patung perunggu setinggi 6 meter akan diganti dengan sebuah monumen untuk korban perang tahun 2008 Georgia dengan Rusia dan penindasan Stalin, kata para pejabat – sebuah teguran ke Moskow.


Dalam operasi mendadak yang dimulai setelah tengah malam dan selesai sebelum fajar, para pekerja kota dan polisi menurunkan patung itu dari alas batu di kota kecil 80 km barat ibukota, Tbilisi.


Pembongkaran patung itu menarik reaksi bercampur di Gori, di mana patung itu didirikan setahun sebelum kematian Stalin pada tahun 1953.


"Bagaimana mereka bisa menurunkannya? ... Stalin adalah individu Georgia yang luar biasa dan paling terkenal di dunia," Irina, yang hanya memberi nama depannya, mengatakan kepada televisi publik Georgia.


"Monumen Stalin adalah simbol dari kota kami," katanya.


Stalin tetap dihormati oleh banyak orang di Gori.


Penduduk lain, yang mengidentifikasi dirinya sebagai Maya, menyebutnya "keputusan yang tepat. Ini lebih logis untuk memiliki peringatan untuk korban perang dari pada sebuah monumen besar Stalin."


Secara luas dicerca sebagai diktator yang bertanggung jawab bagi jutaan kematian, Stalin diangkat sebagai pahlawan oleh para pendukungnya di Uni Soviet yang mengatakan negara itu tidak bisa mengalahkan Nazi Jerman atau menjadi negara adikuasa tanpa kepemimpinannya.


Untuk masyarakat Georgia, yang termasuk Presiden pro-Barat Mikheil Saakashvili, monumen itu adalah simbol dari pengaruh Moskow yang tersisa selama dua dekade setelah negara kecil itu merdeka dalam keruntuhan Soviet 1991. Kebencian Rusia menyala dengan perang lima-hari di bulan Agustus 2008.


"Tidak ada tempat untuk sebuah patung jelek di Georgia," kata Menteri Kebudayaan Nika Rurua.


Para pejabat mengatakan, bagaimanapun, bahwa monumen itu akan dipindahkan ke halaman museum Stalin Gori - tidak dibuang.


"Sebuah monumen baru yang didedikasikan untuk korban agresi Rusia akan didirikan di tempat ini," kata Zviad Khmaladze, seorang pemimpin di dewan kota Gori, dalam komentar di televisi.


Gori adalah kota paling parah terkena bencana Georgia dalam perang 2008. Bom menghantam alun-alun utama dekat patung dan gedung di dekatnya.


Monumen yang baru juga akan memperingati korban penindasan Stalin, Rurua berkata.


Kremlin kemungkinan akan berang atas sebuah monumen menyamakan pemimpin Rusia saat ini dengan Stalin, dan perang 2008 - yang Moskow katakan merupakan tanggapan secara moral dibenarkan untuk mengagresi Georgia – dengan kejahatan diktator itu.


Saakashvili memuji penurunan patung itu ketika ditanya tentang hal itu pada konferensi pers.


"Saya mendukung keputusan kotamadya dan Departemen Budaya sepenuhnya, karena museum pendudukan dan monumen bagi mereka yang mengatur pendudukan tersebut tidak bisa ada di negara ini pada saat yang sama," kata Saakashvili.


Dia merujuk ke museum yang dibuka di Tbilisi selama kepresidenannya pada tahun-tahun ketika Georgia masih sebuah republik Soviet.


Pasukan Rusia menduduki Gori selama dua minggu setelah konflik 2008, yang meletus ketika Georgia berusaha merebut kembali provinsi separatis yang didukung Rusia, Ossetia Selatan, di utara kota.


Rusia mengakui kemerdekaan Ossetia Selatan setelah perang dan telah memperkuat cengkeramannya di wilayah pemberontak.


Gori menjadi tuan rumah beberapa patung kecil dan patung badan Stalin serta museum yang didedikasikan untuk mendiang pemimpin itu, yang lahir di Gori pada tahun 1879 dan memerintah Uni Soviet dari 1924 hingga kematiannya.


Kebanyakan pendukung tua berkumpul di luar museum bertiang dua kali setahun, pada hari ulang tahunnya dan hari kematiannya.(suaramedia)

Artikel Terkait

- Reviewer: Asih - ItemReviewed: Patung Josef Stalin Diusir Dari Kampung Halamannya Deskripsi: GORI - Pihak berwenang mengeluarkan sebuah patung yang menjulang dari diktator Soviet Josef Stalin dari alun-alun kota asalnya di tengah mal... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►