12 Apr 2014

''Senjata Gas'' Rusia Bikin Eropa Panik

Image-825''Senjata Gas'' Rusia Bikin Eropa Panik. Surat peringatan dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, bahwa pasokan gas dari Moskow ke negara-negara Eropa Barat membuat Uni Eropa ketir-ketir. Kanselir Jerman, menyatakan Uni Eropa sangat serius merespons surat dari Putin itu.
Surat Putin itu berisi, bahwa pembengkakan utang pembelian gas oleh Ukraina kepada Rusia bisa memicu tersendatnya pasokan gas ke berbagai negara Eropa. Surat yang dianggap sebagai jurus “perang gas” ala Rusia itu ditujukan kepada 18 pemimpin negara-negara Eropa.
”Ada banyak alasan untuk serius dalam mempertimbangkan pesan (surat). Dan Eropa memberikan respon bersama,” tulis kantor berita Itar-Tass, mengutip pernyataan Merkel, semalam (11/4/2014).
Merkel, bahkan akan membahas peringatan dari Putin itu dalam pertemuan khusus dengan para pemimpin Uni Eropa pada Senin nanti. Berbicara di Athena, Merkel menekankan bahwa harga gas alam harus dinegosiasikan.
Dia juga mengatakan bahwa Komisaris Energi Uni Eropa, Gunther Oettinger, dan perwakilan dari negara-negara Eropa harus berbicara dengan produsen gas terbesar Rusia, Gazprom.
”Ketika kita mengambil semua langkah ini, kita dapat yakin bahwa kita telah mencapai respon bergabung untuk negara-negara yang menghadapi masalah ini karena mereka mendapatkan gas dari Gazprom,” kata Merkel.
Strategi Putin
Dia menegaskan, bahwa negara-negara Eropa ingin menjadi konsumen yang baik dari perusahaan gas Rusia itu. Namun, dia juga butuh kepastian pasokan gas tersebut tidak tergganggu.
Kisruh gas yang menjalar ke Uni Eropa itu muncul setelah terjadi kudeta di Ukraina. Sejak sekutu Rusia, Viktor Yanukovych digulingkan, Gazprom menghentikan diskon dan menetapkan harga gas baru sebesar USD485 per 1.000 meter kubik.
Dengan harga baru itu, Ukraina menyatakan tidak akan membayar, termasuk utang mereka selama ini dengan alasan tidak mampu. Putin, akhirnya mengeluarkan surat kepada belasan negara Uni Eropa yang juga konsumen gas Rusia, bahwa risiko utang Ukraina berpotensi pada tersendatnya pasokan gas ke Uni Eropa.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: ''Senjata Gas'' Rusia Bikin Eropa Panik Deskripsi: ''Senjata Gas'' Rusia Bikin Eropa Panik . Surat peringatan dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, bahwa pasokan gas dari Mosko... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►