10 Mar 2013

Iran Mampu Produksi 40 Produk Petrokimia

Image634985062245898349Kepala Riset dan Teknologi Perusahaan Petrokimia, Gholamreza Joukar mengumumkan pada hari Sabtu (9/3/13) bahwa para ahli Iran telah memperoleh pengetahuan yang dibituhkan (khow-how) untuk memproduksi 40 produk petrokimia.

Joukar menyatakan bahwa Iran memang berfokus pada penelitian dan teknologi untuk pengembangan industri dan ekonomi negara, khususnya industri minyak, sambil mengatakan bahwa upaya pribumisasi merupakan prioritas utama bagi Iran.

"Ahli Iran dalam industri petrokimia telah berhasil mengembangkan sendiri pengetahuan untuk memperoduksi 40 produk petrokimia di dalam negeri," tambahnya.

Akhir Februari lalu, Wakil Presiden Pertama Iran, Mohammad Reza Rahimi memuji para insinyur dan ahli petrokimia Iran serta mengatakan bahwa nilai ekspor produk petrokimia Iran akan segera melebihi nilai ekspor minyak mentah.
 
"Produk Petrokimia akan menggantikan posisi minyak mentah sebagai komoditas ekspor utama energi dalam waktu dekat ini. Inilah yang diinginkan oleh Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam, Ayatullah Sayyid Ali Khamenei dan Presiden Mahmoud Ahmadinejad serta rakyat Iran," kata Rahimi di kota Ahwaz di Provinsi Khuzestan  saat itu.
 
Dia mencatat bahwa produk petrokimia saat ini berada di peringkat kedua ekspor setelah minyak mentah.
 
Dalam pernyataan serupa di bulan Oktober 2012, Ayatullah Khamenei memuji para ahli dan ilmuwan Iran atas usaha keras  dan keberhasilan mereka dalam mempercepat kemajuan sains dan tekhnologi di Iran.
 
Pada sejumlah besar elit muda di Tehran pada saat itu, Ayatullah Khamenei menyatakan suka citanya karena tercipta dialog dan interaksi dalam berbagai gerakan dan kemajuan iptek di negaranya. Beliau juga meminta mereka untuk mempertahankan percepatan gerakan mereka.
 
"Tentu saja ada rasa puas akan muncul karena gerakan ilmiah mengalami percepatan di negara ini. Tapi harus diingat, bahwa kita masih berada di awal jalan dan kecepatan ilmiah ini tak boleh melambat atau berhenti," tegas beliau.

Ayatullah Khamenei mengatakan bahwa saat Iran masih tertinggal dibanding negara-negara maju dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi karena Iran pernah dikuasai oleh pemerintah yang tidak independen, sombong dan despotik selama berabad-abad lamanya. [IT/FN/NAT]

Artikel Terkait

- Reviewer: blazznue - ItemReviewed: Iran Mampu Produksi 40 Produk Petrokimia Deskripsi: Kepala Riset dan Teknologi Perusahaan Petrokimia, Gholamreza Joukar mengumumkan pada hari Sabtu (9/3/13) bahwa para ahli Iran telah memperol... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►