5 Mar 2011

Clinton: TV Al-Jazeera Mampu Kalahkan Media AS

ImageMenteri Luar Negeri AS, Hillary mengakui bahwa Gedung Putih gagal dalam perang media di dunia, pernyataan itu disampaikan dalam pidato di komite Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat


Fars News mengutip Majalah TIME melaporkan, Clinton dalam pidatonya di Komite Kebijakan Luar Negeri AS pada 2 Maret menuntut dana lebih besar bagi departemennya. Ia menekankan, AS kalah dalam perang media di dunia.


Menurut sumber ini, menyusul munculnya media Rusia seperti Ria Novosti, Rusia today dan CCTV Cina di Afrika can Asia Tenggara maka media AS seperi Suara Amerika kian tenggelam. Tuntutan Clinton ini dilontarkan di saat kubu Republik meminta anggaran Departemen Luar Negeri AS dikurangi hingga separuh. Hal ini dapat dicermati sebagai hasil dari persaingan di Washington.


Clinton dalam pidatonya juga memuji keberhasilan televisi Al-Jazeera baik edisi Arab yang terkenal di Timur Tengah maupun edisi Inggris yang mendapat sambutan luas di seluruh dunia. "Al-Jazeera adalah strategi untuk menimbulkan perubahan di opini dan sikap publik, baik itu kita membencinya atau tidak. Chanel ini memiliki pengaruh besar" ungkap Clinton.


Clinton menambahkan, secara pasti para pemirsa televisi Al-Jazeera di AS kian meningkat karena chanel ini menyiarkan berita menurut realita dan tidak berbohong. Mungkin anda tidak sepakat, namun anda mendapatkan berita sejati selama 24 jam penuh dari televisi ini, tambah Clinton.


Majalah TIME menambahkan, selama ini kita meyakini bahwa kita hidup di Desa Global. Sebelumnya berbagai informasi di Desa Global berhembus dari kawasan utara menuju selatan, namun kini muncul chanel televisi yang menggerakkan arus ini secara terbalik. (IRIB/Fars/MF)

Artikel Terkait

- Reviewer: Asih - ItemReviewed: Clinton: TV Al-Jazeera Mampu Kalahkan Media AS Deskripsi: Menteri Luar Negeri AS, Hillary mengakui bahwa Gedung Putih gagal dalam perang media di dunia, pernyataan itu disampaikan dalam pidato di ko... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►