6 Mar 2011

Cegah Demonstrasi di Wilayah Timur, Arab Kirim 10 Ribu Pasukan

ImagePemerintah Kerajaan Arab Saudi menyiapkan sekitar 10 ribu pasukan keamanan ke kawasan bagian timur, menyusul membesarnya demonstrasi di negaranya.


Pasukan keamanan itu dipersiapkan menghadapi demonstrasi di timur laut Arab di provinsi-provinsi yang berpenduduk mayoritas Syiah agar tidak menyebar ke Dammam dan kota lainnya. Pasukan mulai diangkut dengan bus menuju lokasi untuk mencegah aksi demo yang dinamai "Revolusi Hunayn".


Arabi Saudi sangat takut dengan kebangkitan dunia Arab baru yang diiringi dengan aksi pemberontakan dan huru-hara yang saat ini membayang-bayangi negeri itu.


Saudi khawatir kekacauan di negara tetangganya Bahrain memprovokasi kondisi keamanan negerinya. Raja Arab Saudi Abdullah meminta Bahrain segera menghentikan pemberontakan di negerinya, jika tidak ia sendiri yang akan turun tangan.


Kelompok oposisi di Arab Saudi memperkirakan 20 ribu pendemo yang akan berkumpul di Riyadh dan di provinsi-provinsi berpenduduk mayoritas Syiah dalam enam hari ini. Mereka akan menuntut dihentikannya korupsi, dan kalau perlu penggulingan pemerintah.


Mereka sudah mengambil ancang-ancang, Rencananya mereka memposisikan para wanita di baris terdepan untuk menciutkan nyali aparat keamanan agar tidak menembaki mereka.


Untuk menghentikan aksi itu, pasukan keamanan telah dikerahkan di Qatif, di mana mayoritas muslim Syiah tinggal. Sejumlah kendaraan keamanan juga terlihat di kota pelabuhan Dammam.


 


tempointeraktif

Artikel Terkait

- Reviewer: Asih - ItemReviewed: Cegah Demonstrasi di Wilayah Timur, Arab Kirim 10 Ribu Pasukan Deskripsi: Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyiapkan sekitar 10 ribu pasukan keamanan ke kawasan bagian timur, menyusul membesarnya demonstrasi di nega... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►